Home » Blog » Bagaimana Manajemen Waktu Dapat Diajarkan Kepada Para Pelajar Dengan Menggunakan Grafik Organizer
Thursday, September 15th 2016. Posted in Blog

image 18 Bagaimana Manajemen Waktu Dapat Diajarkan Kepada Para Pelajar Dengan Menggunakan Grafik Organizer

Para Pelajar dapat memperoleh manfaat dari manajemen waktu yang tepat dengan menggunakan “graphic organizer”.  “Graphic organizer” ini adalah alat belajar yang efisien karena memungkinkan para pelajar untuk membayangkan dan memilah informasi. Ketika tugas-tugas para pelajar dibuat mudah, maka mereka dapat membuat anggaran waktu mereka untuk kegiatan-kegiatan lain.

Banyak guru sekolah menemukan bahwa “graphic organizer” membantu dalam memotivasi dan mengatur pemikiran anak usia primer dan sekunder. Guru-guru menggunakan struktur “graphic organizer” sebagai pendekatan kognitif secara visual untuk menunjukkan kepada siswa bagaimana ide-ide dan informasi, bagian, teks atau unit studi terkait dan terorganisir dalam suatu masalah tertentu.

“Graphic organizer” membantu menjaga para pelajar mengikuti dan membuat proses berpikir mereka dengan tepat. Ada beberapa cara di mana “graphic organizer” dapat digunakan.

Beberapa dari “graphic organizer” adalah: jaringan, konsep pemetaan, matriks, “flow chart”, dan diagram ”Venn”. “Graphic organizer” dapat digunakan untuk menggambarkan, membandingkan dan membedakan, mengklasifikasikan, rangkaian, hubungan kausal dan pengambilan keputusan.

Tetapi salah satu yang lebih efektif dari penggunaan “graphic organizer” adalah di dalam kelas. Itu membantu para pelajar melanjutkan belajarnya tanpa rasa malas dan keras kepala seperti biasanya.

Salah satu cara yang paling efektif adalah ketika guru membuat “graphic organizer” sendiri. Kemudian ia akan memberikan instruksi tertentu tentang bagaimana mencari bahan-bahan untuk menyelesaikannya.

Tidak dapat diabaikan bahwa para pelajar yang kurang berhasil dalam studinya dapat dibantu oleh guru dengan menggunakan “graphic organizer”. Guru memberi tugas yang sebagian belum selesai dan semua pelajar harus menyelesaikannya.

“Graphic organizer” dirancang untuk membantu setiap pelajar mencapai kemampuannya dengan maksimal. Ini dilakukan bersama-sama dalam mempelajari tugas-tugas sekolahnya dan mengelola waktu mereka sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Menggunakan “graphic organizer” ini, para pelajar belajar disiplin dan memanfaatkan waktu mereka dengan baik, dan menyerahkan apa yang telah mereka lakukan dengan tepat waktu.

Contohnya, guru-guru anak usia dini menggunakan Diagram Venn untuk mengajarkan bagaimana membandingkan dan membedakan objek. Para Pekerja juga memanfaatkan ini dalam pekerjaan mereka. Para Insinyur menggunakan “graphic organizer” yang lebih kompleks untuk membangun pengembangan baru dan simulasi-simulasi.

Bagaimana guru-guru mengajar siswa-siswinya dengan menggunakan “graphic organizer”?

Karena guru-guru ingin menanamkan manajemen waktu kepada siswa-siswinya, mereka ingin mencoba dan menyelesaikan satu bab dalam waktu paling singkat.

Untuk dapat mencapai hal itu, kelas dapat dibagi jadi tiga atau empat kelompok. Begitu juga materinya dibagi dalam tiga atau empat bagian yang dibagikan pada setiap kelompok. Setiap siswa dalam kelompok diberi tugas membaca sebagian materi untuk kelompok itu. Dengan cara ini, siswa akan tahu di mana mereka harus fokus.

Setelah membaca bagian-bagian teks yang diberikan kepada mereka, kemudian siswa diminta untuk membuat suatu “graphic organizer” yang akan menjelaskan dengan baik teks yang diberikan kepada mereka. Ketika ini selesai, mereka tertarik untuk menggunakannya dengan mengajarkan apa yang telah mereka pelajari kepada siswa lain dalam kelompok mereka.

Konsep ini bekerja dengan baik untuk kelas-kelas atau survei ilmu sosial dalam mencari informasi penting untuk topik tertentu yang berada dalam satu buku. Bayangkan jumlah waktu yang diperlukan jika harus membaca sendiri semua informasi yang ada dalam satu buku itu. Tentu banyak waktu yang terbuang yang mungkin dapat dipakai untuk melakukan hal-hal lain.

“Graphic organizer” bukan satu-satunya cara yang diajarkan kepada para pelajar dalam manajemen waktu. Mereka juga diajarkan untuk menggunakan ide-ide kreatif yang akan membuat proses belajar lebih mudah.

Pada awal SD, siswa sudah punya ide tentang hal-hal yang dapat mereka lakukan dengan “graphic organizer” mereka. Mereka datang ke sekolah dengan menemukan banyak nama yang berbeda, baik nama teman-teman maupun guru-guru, kelas-kelas, alat-alat sekolah, dll. Ini adalah salah satu kebebasan yang mereka dapatkan dari aktivitas semacam ini (“graphic organizer”).

Menurut para ahli pendidikan dan manajemen waktu, kreativitas dengan “graphic organizer” adalah salah satu cara yang dibuat untuk mengembangkan wawasan dan kemampuan siswa dalam membuat rencana-rencana, solusi dan kesimpulan-kesimpulan.

Sayangnya, tidak banyak sekolah yang menggunakan “graphic organizer” ini dalam mengajar siswanya. Tetapi bagi mereka yang telah mencoba dan menggunakannya, mereka bisa membuktikan bahwa “graphic organizer” ini dapat bekerja cukup efektif. Para pelajar jadi mengetahui untuk mempelajari tugas-tugasnya dengan senang hati.

Mereka bahkan lebih antusias dan siap untuk mengambil apa pun yang guru-guru mereka tugaskan kepadanya.

Selamat mencoba!

http://tokobuku-langka.com/manajemen-waktu-untuk-mahasiswa

 

 


Produk terbaru

Produk Terbaru
Perilaku Organisasi – Jilid 1 & 2
Soekarno Arsitek Bangsa
Dari KBK Sampai MBS
House of Silk
Wolf Totem
Lessons for the Living
Breaking Night
Samkok 5: Kisah Tiga Kerajaan
Customer Service
ym1
ym2
Pembayaran
Pengiriman
Toko Kami ada di
Testimoni