Home » Blog » CERITA KIDUNG NATAL
Wednesday, December 20th 2017. Posted in Uncategorized

gambar2 natal CERITA KIDUNG NATAL

Lagunya menyentuh,

Liriknya penuh pujian,

Ada apa di balik lagu Natal?

Menjelang Natal tiba, kidung Natal, atau istilahnya Christmas Carol, seperti  White Christmas atau Silent Night sering sekali terdengar di mana-mana. Lagu-lagu yang abadi karena sudah tradisi tiap tahunnya. Ternyata  lagu-lagu ini menyimpan banyak cerita lho….

Silent Night

Silent night, Holy night

All is calm all is bright

‘Round yon virgin Mother and Child

Holy infant so tender and mild

Sleep in heavenly peace

Sleep in heavenly peace

Lagu ini dijuluki The Song Heard Round The World oleh sejarawan Kristen Bill Egan karena memang lagu yang paling beken setiap Natal tiba. Bahkan dikumandangkan dalam macam-macam bahasa. Lagu yang di Indonesia berjudul Malam Kudus ini mulai terdengar tahun 1818 di gereja St. Nicholas, Austria dengan judul Stille Nacht! Hellige Nacht.

Konon ketika itu, seorang frater bernama Joseph Mohr ingin sekali menciptakan sebuah lagu untuk dinyanyikan pas perayaan Natal di gerejanya. Liriknya sudah ditulis, tapi Joseph kesulitan membuat musiknya. Sehari menjelang Natal 1818, Joseph mengunjungi temannya, Franz Xavier Gruber yang seorang guru musik, dan mereka berdua pun mulai menulis nada-nada lagunya. Karena piano yang tadinya mereka pakai rusak, akhirnya pengerjaan lagu diteruskan pakai gitar. Setelah beberapa kali berubah, lagu Malam Kudus ini pun menjadi seperti yang kita dengar sekarang.

O Come All Ye Faithful

O come, all ye faithful, joyful and triumphant,

Come ye, O come ye, to Bethlehem,

Come and behold Him, born the King of angels

John Francis Wade yang berkebangsaan Inggris tercatat sebagai pencipta lagu di atas sekitar tahun 1743. Versi aslinya berjudul Adeste Fideles dan kita di Indonesia mengenalnya dengan judul Hai Mari Berhimpun. Lagu ini mulai dikenalin ke public lewat buku karya Samuel Webbe berjudul An Essay on the Church Plain Chant yang terbit tahun 1782.

Lagu ini malah sempat disebut-sebut sebagai hymne-nya orang Portugis karena sering banget dinyanyikan di Kedutaan Portugis di London oleh seorang pemain organ terkenal bernama Vincent Novello. Sastrawan Frederick Oakely pada tahun 1841 kemudian menerjemahkan bagian larik 1,2,3 dan 6 lagu Adeste Fideles dari bahasa Latin ke Bahasa Inggris. Sedangkan larik 4 dan 5 diterjemahkan William Thomas Brooke. Komposer beken John Redding disebut-sebut ikut memperbaiki komposisi lagu ini jadi lebih agung dan megah.

White Christmas

I’m dreaming of a white Christmas

Just like the ones I used to know

Where the treetops glisten and children listen

To hear sleigh bells in the snow

Ketika Bing Crosby, seorang penyayi beken era 40-an, mendengar lagu White Christmas untuk pertama kalinya pada tahun 1941, Bing langsung optimis lagu ciptaan Irving Berlin ini bakal sukses. Bing kemudian memperkenalkan lagu Natal ini di NBC Radio Show di Kraft Music Hall, LA tanggal 25 Desember 1941. Sejak saat itu, White Christmas yang bercerita tentang perdamaian ini seolah jadi “embun penyejuk” di saat Perang Dunia II yang menimbulkan kehancuran dimana-mana.

Lagu ini jadi begitu terkenal karena selama PD II Bing Crosby rajin mengunjungi dan menghibur para serdadu AS di medan perang. Bahkan walaupun tidak sedang Natalan, para tentara itu selalu me-request lagu White Christmas. Lagu ini juga muncul sebagai soundtrack film Holiday Inn (1942) yang dibintangi oleh Bing Crosby dan Fred Astaire.

White Christmas mulai masuk chart AS tanggal 3 Oktober 1942, berhasil menempati tangga pertama pada 31 Oktober 1942 dan bertahan selama 11 minggu! Cukup menakjubkan untuk sebuah lagu Natal. White Christmas juga bertahan selama 50 tahun sebagai single yang paling laris dalam sejarah musik dunia (terjual lebih dari 30 juta keeping!). Rekornya baru tergeser oleh lagu Candle in the Wind ciptaan Sir Elton John yang didedikasikan untuk almarhumah Putri Diana pada tahun 1998.

 

Selamat HARI NATAL,

TUHAN memberkati kita semua!


Produk terbaru

Produk Terbaru
Tinta Emas di Kanvas Dunia
Celah-celah Profit di Forex Market
Star Bright – Cinta Sejati
Six Month to Live
Kamus Pendidikan
Mom, I’ll Come Again
Near Death Experiences
Menembus Dunia Lansia
Customer Service
ym1
ym2
Pembayaran
Pengiriman
Toko Kami ada di
Testimoni