Home » Blog » Petunjuk untuk Disiplin Diri dalam Belajar dan Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa
Sunday, March 13th 2016. Posted in Blog

image 16 Petunjuk untuk Disiplin Diri dalam Belajar dan Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa

“Dalam empat tahun keberadaanku di perusahaan tempat aku bekerja sekarang, aku memuji semua keberhasilan yang aku capai berkat semua dosen-dosen di kampusku. Sekarang, aku telah membuktikan bahwa mereka benar untuk selalu mengingatkanku bahwa disiplin diri itu adalah hal yang paling dasar. Aku menyaksikan sendiri, bahwa di luar kampus ini benar-benar ada sebuah dunia besar, dan dunia besar itu dapat Anda temukan hanya jika Anda memiliki disiplin diri dan tekad yang besar,” kata sang pembicara.

Orang-orang berdiri dan memberikan tepuk tangan hangat kepada si pembicara. Itu adalah pidato terimakasih yang diberikan oleh seorang alumni mahasiswa dari universitas itu dalam acara wisuda. Setelah acara wisuda, semua orang terinspirasi saat mereka meninggalkan kampus itu. Para orangtua melemparkan senyum terbaik mereka terhadap anak-anaknya. Setelah lama menunggu, anak-anak mereka dapat menyelesaikan gelar sarjananya. Tidak ada yang dapat dibandingkan dengan kegembiraan orangtua yang merasa anak-anak mereka telah menyelesaikan studinya. Kebahagiaan di dalam hati mereka tak tertandingi. Inilah yang membuat mereka merasa utuh sebagai orangtua.

Disiplin diri bagi mahasiswa memang sangat penting. Anda tidak harus selalu pergi ke mana air mengalir. Seseorang harus mampu bertahan dengan semua godaan yang ada di sekitarnya. Hal ini adalah yang paling utama bagi para mahasiswa yang sangat dipengaruhi dengan tekanan teman-temannya.

Kata disiplin diri diperlukan untuk dua faktor penting dalam kehidupan kampus. Pertama adalah disiplin diri seperti disamakan dengan kebiasaan studi. Kedua, disiplin diri seperti untuk mengelola waktu. Hanya jika Anda mampu memuaskan keduanya, Anda pasti akan mencapai sukses besar.

Bagi sebagian besar mahasiswa belajar itu sangat membosankan. Bahkan kadang-kadang belajar dapat memberi mereka begitu banyak tekanan. Namun, belajar bukan masalah melakukan pekerjaan rumah saja dan bukan pula tentang memahami hal-hal yang Anda pelajari dalam buku-buku teks Anda.

Belajar tidak juga tentang menghitung lamanya waktu yang Anda habiskan dalam membaca semua buku teks Anda. Ini adalah tentang “ingatan”, proses menempatkan ke dalam memori jangka panjang semua pembelajaran yang Anda miliki.

Belajar juga merupakan masalah mempraktekkan apa yang Anda pelajari, dan bukan dengan memiliki apa yang Anda pelajari itu hanya sebagai teori dalam pikiran Anda.

Disiplin diri masuk dalam belajar ketika Anda memprioritaskan hal-hal tersebut di atas. Seperti, ketika Anda memutuskan, untuk belajar karena Anda memiliki ujian keesokan harinya atau pergi keluar malam dengan teman-teman Anda.

Di sisi lain, disiplin diri juga merupakan agen utama untuk manajemen waktu. Ini akan melindungi Anda dari melakukan hal-hal yang tidak perlu yang dapat membawa Anda ke penjejalan. Ini berkaitan pada cara pada bagaimana Anda mengendalikan diri.

Manajemen waktu adalah alokasi yang tepat dari waktu Anda untuk kegiatan-kegiatan Anda sehari-hari. Apakah Anda sudah melakukan semua tugas-tugas yang Anda perkirakan harus dilakukan hari ini dan tidak meninggalkannya untuk besok?

Biasanya alasan utama untuk menjejalkan adalah ketika Anda cenderung mengabaikan aktivitas Anda yang dijadwalkan untuk hari ini. Jika hal itu terus terjadi selama dua hari berturut-turut, maka tugas-tugas itu akan ditambahkan ke jadwal esok harinya. Hal ini akan menyebabkan tekanan pada diri Anda sendiri untuk menyelesaikan semua itu.

Manajemen waktu adalah masalah pribadi Anda, jika Anda hanya tahu bagaimana melakukan hal yang benar Anda tidak akan khawatir. Pikirkanlah bahwa kehidupan sehari-hari Anda bukan spekulasi, harus ada alokasi waktu di setiap aktivitas Anda.

Ini juga bukan masalah “trial and error” bahwa ketika Anda gagal, Anda dapat kembali ke waktu yang Anda telah membuangnya.

Disiplin diri untuk belajar dan mengelola waktu mahasiswa adalah penting untuk semua mahasiswa. Hal ini terutama dalam periode mempersiapkan diri untuk karir Anda sendiri di masa depan. Waktu bagi Anda menjadi serius pada apa yang sedang Anda lakukan.

Jika ada orang yang tahu lebih banyak tentang Anda, itu adalah diri Anda sendiri. Anda tidak dapat meminta bantuan seseorang untuk melacak tujuan Anda.

Sebisa mungkin, cobalah Anda berlatih mendisiplin diri Anda sendiri setiap saat, sehingga meskipun ada kesulitan Anda masih bisa mengatasinya sendiri.

Selamat mencoba!
http://tokobuku-langka.com/manajemen-waktu-untuk-mahasiswa
*****************************************************************************************************
P.S: Jika Anda mencari produk import harga lokal (tas, baju, lingerie, dompet branded) jangan lewatkan yang satu ini: http://ourfashionstore.com
*******************************************************************************************************


Produk terbaru

Produk Terbaru
Perilaku Organisasi – Jilid 1 & 2
Soekarno Arsitek Bangsa
Dari KBK Sampai MBS
House of Silk
Wolf Totem
Lessons for the Living
Breaking Night
Samkok 5: Kisah Tiga Kerajaan
Customer Service
ym1
ym2
Pembayaran
Pengiriman
Toko Kami ada di
Testimoni